Sabtu, 03 September 2016

manfaat belewah

Jus Belewah
(Minuman Penurun Demam) 
 Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.


manfaat belewah



Kandungan gizi yang terdapat didalam belewah adalah sebagai berikut:
Pada setengah buah belewah mengandung 38mg kalsium, 44mg fosfor, 1,1mg zat besi, 33mg sodium, 682mg potasium, 9240 I.I. vitamin A, 1,6mg niasin, dan 90mg vitamin C, menurut jurnal The Journal of Food Science (50:136-138, 1985) menunjukan bahwa rata-rata nutrisi tambahan dalam ukuran miligram per 100 gram beleah adalah 12,69 magnesium, 0,03 mangan, 0,05 tembaga, 0,10 seng, 0,003 kobalt, 0,005 khrom.

Manfaat medis yang bisa kita ambil dari belewah:
  •     Dapat mengobati gejala demam klasik yang disebabkan oleh gigitan hewan pengerat
  •     Dapat mengobati penyakit Crohn atau radang usus regional.
  •     Dapat mengobati perut mules.
http://sdbup.blogspot.co.id/2016/09/daftar-isi-jus-buah-dan-manfaatnya.html

Cara pembuatannya:
       Pilih belewah yang sudah matang, lalu potong separuh, buang bijinya, dan cuci bagian dalamnya dengan air bersih. Kemudain kita kupas dan potong menjadi beberapa bagian kecil menurut panjangnya, kemudian seperempat belewah potong kecil-kecil sampai ukurannya menjadi dua cangkir (kira-kira bisa menghasilkan dua samapi tiga cangkir juice) Setelah itu langsung dibuat juice dan masukan kedalam gelas. Tambahkan empat sendok teh mentega kacang mete, satu sendok makan buah ara hitam yang dicincang halus dan satu sendok makan buah kurma yang sudah dibuang bijinya, dua pertiga cangkir susu kedelai, seperempat sendok teh madu hitam atau sirup gula tetes hitam, setengah sendok teh sari almondasli dan setengah cangkir es. Belender pada kecepatan tinggi kira-kira setengah menit, lalu masukan juice belewah yang sudah jadi pertama kali tadi, dan lanjutkan membelender kembali kurang lebih satu setengah menit hingga terasa lembut.


http://sdbup.blogspot.co.id/2016/09/masalah-masala-kesehatan-dan-jus.htmlhttp://sdbup.blogspot.co.id/2016/09/daftar-isi-jus-buah-dan-manfaatnya.html                                                     
                                                    




0 comments:

Posting Komentar

entry email untuk info UpToDate

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Top