Rabu, 21 September 2016

kandungan-khasiat-manfaat Bunga Selasih untuk menghaluskan dan melembabkan kulit

Bunga Selasih

Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India. 

manfaat bunga selasih




Kandungan Nutrisi
Berdasar penelitian, selasih mempunyai 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah.
 
Manfaat Medis dan Cara Pembuatan
Manfaat Kesehatan
Orang cina, percaya biji selasih dapat meredakan demam, menurunkan pasa pada tubuh, mengobati sakit karena gigitan serangga, menambah selera makan dan mengobati batuk.

Manfaat Biji Selasih untuk Kecantikanmenghaluskan dan melembabkan kulit pada wajah, menghilangkan garis halus, mengatasi kantung pada mata, mencegah timbulnya jerawat di wajah, mengecilkan perut yang buncit

1.Sebagai ramuan kecantikan
, tumbuklah biji selasih hingga halus, seduh dengan air panas secukupnya. Aduk rata hingga terbentuk pasta, dinginkan. Gunakan sebagai lulur pada wajah dan leher Anda, lakukanlah 1 hari sekali yaitu menjelang mandi sore.

2.Untuk sakit maag, s
ediakan 5 gram biji selasih lalu rebuslah dengan suhu air 200 cc, campurlah dengan 1 sendok makan madu murni. Minum ramuan ini selagi hangat-hangat kuku, lakukan rutin 2 kali dalam sehari, pagi dan malam hari.
 

0 comments:

Posting Komentar

entry email untuk info UpToDate

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Top