Minggu, 18 September 2016

khasiat-kandungan-manfaat-Kunyit obat herbal untuk disentri-menambah darah-diabetes

Kunyit

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan "Janar".

manfaat kunyit
Kandungan Nutrisi 
minyak atsiri sebanyak 6%. Minyak atsiri ini mengandung senyawa senyawa monoterpen dan sesquiterpen(meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone), protein, fosfor, kalium, vitamin C dan besi. Mengandung zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi monodesmetoksi kurkumin dan bidesmetoksi kurkumin, kurkumin 50 sampai 60%). 

Manfaat Medis dan Cara Pembuatan 

1.Disentri
siapkan 1 sampai 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Semua bahan yang telah disiapkan direbus sampai mendidih dengan 2 gelas air. Sisakan 1 gelas. Diminum sampai sembuh.

2. Untuk menambah darah( obat hipotensi/ darah rendah),
beberapa rimpang kunyit diparut, dicampur dengan air matang secukupnya. Kemudian dicampur gula enau, lalu disaring. Ditambah sedikit garam. Air kunyit siap diminum.

3. Diabetes militus 
siapkan tiga rimpang kunyit+ setengah sendok garam . rebus bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih. Kemudian saring dan didinginkan. Minumlah rebusan setengah gelas 2kali seminggu.


0 comments:

Posting Komentar

entry email untuk info UpToDate

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Top